Apa kelebihan Great New Xenia 1.3 M/T dibanding kompetitornya?

Apa kelebihan Great New Xenia dibanding kompetitornya? - See more at: http://www.ascomaxx.com/articles/detail/test-drive-daihatsu-xenia-1.3-mt#sthash.6IoCslI9.dpuf
Apa kelebihan Great New Xenia dibanding kompetitornya? - See more at: http://www.ascomaxx.com/articles/detail/test-drive-daihatsu-xenia-1.3-mt#sthash.6IoCslI9.dpuf
Apa kelebihan Great New Xenia dibanding kompetitornya? - See more at: http://www.ascomaxx.com/articles/detail/test-drive-daihatsu-xenia-1.3-mt#sthash.6IoCslI9.dpuf
Apa kelebihan Great New Xenia dibanding kompetitornya? - See more at: http://www.ascomaxx.com/articles/detail/test-drive-daihatsu-xenia-1.3-mt#sthash.6IoCslI9.dpuf

Apa kelebihan Great New Xenia 1.3 M/T dibanding kompetitornya?

 

Daihatsu Xenia BandungDaihatsu Xenia bukanlah mobil yang asing bagi orang Indonesia. Mungkin hampir semua orang yang tinggal di perkotaan pasti pernah merasakan duduk di dalam mobil sejuta umat ini.Pada tahun 2016 lalu, Daihatsu menghadirkan versi yang paling sempurna dari generasi kedua Daihatsu Xenia bernama Daihatsu Great New Xenia. Kali ini kami mengupas tuntas tentang kelebihan dan kekurangan mobil ini dibanding para kompetitornya.

Unit yang kami uji adalah Daihatsu Great New Xenia 1.3 R Sporty bertransmisi manual. Tak hanya mendapat nama baru, namun mobil ini juga sudah memakai ‘topeng’ baru yang lebih bagus dibanding sebelumnya.Wajah barunya ini cukup untuk membuatnya tak kalah tampan dengan tampang baru para pesaingnya seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan tentunya saudaranya sendiri, Toyota Grand New Avanza. Cek Untuk Info Harga Terbaru Daihatsu Xenia Bandung

Abaikan sejenak decal stiker yang menempel pada unit yang kami uji ini dan lihatlah eksterior dari versi tertinggi Daihatsu Xenia bertransmisi manual yang dijual di Indonesia ini. Menurut kami cukup elegan sekaligus sporty.Grill depan yang besar dengan sepasang lampu utama yang lebih menyipit, dipermanis dengan hadirnya lampu LED Day-time Running Lights (DRL) di dekat lampu kabut. Begitupun dengan ornamen menyerupai lubang udara di sisi bemper depan.

Begitupula dengan bagian belakangnya yang sudah memiliki lampu model baru dengan aksen tambahan di bagian tengah serta garnish krom di atas pelat nomor. Menariknya lagi, ada lampu LED pada bagian handle pintu yang akan menyala ketika membuka kunci pintu kendaraan.

Performance

Tak hanya wajahnya saja yang berubah, sektor mesin Daihatsu Great New Xenia juga mengalami perubahan. Mesin baru berkode 1NR-VE yang berkapasitas 1.329 cc ini telah mendapat teknologi baru bernama Dual VVT-i.Sederhananya, teknologi ini berfungsi untuk meningkatkan performa mesin sekaligus efisiensi bahan bakarnya. Mesin 4-silinder DOHC bertenaga 97 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm ini juga memakai teknologi drive-by-wire pada sistem bukaan gas yang diatur ECU.

Bagaimana rasanya? Memakai tipe bertransmisi manual 5-speed, kemampuan akselerasi 0-100 kpj mobil ini sanggup dicapai dalam 12,9 detik. Catatan ini memang lebih lambat 2 detik dari honda Mobilio bertransmisi manual. Wajar karena Honda Mobilio memakai mesin berkapasitas 1.496 cc.

Ride & Handling

Berikutnya Daihatsu Indonesia merevisi bagian kaki-kaki Xenia terbaru. Tipikal suspensi Xenia yang sebelumnya empuk dan terlalu mengayun kini sudah tidak ada lagi. Sistem suspensi yang baru mengatur ulang peredaman shock absorber, lateral control rod, dan memakai stabilizer yang berdiameter lebih besar.Hasilnya, rasa berkendara mobil ini terasa lebih stabil dan rigid dibandingkan Xenia yang sebelumnya. Mengapa pengendaraan Xenia terasa lebih rigid? Karena mobil ini diklaim memiliki konstruksi upper body yang lebih kuat dan minim getaran.

Meski demikian, bukan berarti gejala limbung benar-benar hilang saat melaju dalam kecepatan tinggi. Karakter berkendaranya inilah yang juga membuat pengemudinya harus lebih berhati-hati dalam memainkan lingkar kemudi kala melaju di kecepatan tinggi.

Mobil ini sudah memakai teknologi EPS (Electronic Power Steering) dan membuat bobot kemudinya menjadi cukup ringan yang sangat membantu pengemudinya saat melakukan manuver parkir ataupun berkelit di kemacetan. Rasio pergerakan kemudinya juga cukup linear sehingga pergerakan kemudinya tidak menghasilkan respons yang berlebihan pada arah laju kendaraan.

Comfort

Perubahan pada bagian kaki-kaki Xenia tersebut, selain menunjang kemampuan bermanuvernya saat berkendara juga berdampak positif pada kenyamanan penumpangnya. Selain lebih stabil, Daihatsu juga menambahkan spring upper insulator yang mereduksi kebisingan hasil kontak roda dengan jalan.

Tak cuma itu, gardan yang baru juga berhasil mengurangi kebisingan di dalam kabin. Ruang kabin Great New Xenia memang terasa lebih hening dibandingkan pendahulunya.Saat kunci kontak diputar, suara mesinnya ‘nyaris tak terdengar’. Mungkin ini karena karakter suara mesin barunya yang lebih halus. Jadi tidak hanya lebih nyaman dikendarai, namun Great New Xenia juga terasa lebih nyaman untuk penumpangnya.

Desain interiornya memang tidak banyak berbeda dari Xenia sebelum penyegaran ini. Great New Xenia memakai dasbor bernada two tone berwarna abu-abu dan cokelat yang membuat kabin terasa lebih adem di mata, seadem hembusan AC double blower miliknya.Desain spidometer dengan layar informasi digital juga terlihat lebih modern. Apalagi tipe tertingginya ini sudah dibekali sistem multimedia layar sentuh yang cukup fungsional.Misalnya, sistem multimediannya ini telah didukung sistem navigasi berteknologi google map yang sangat membantu dalam perjalanan. Head unit miliknya ini juga dapat terkoneksi dengan smartphone melalui konektivitas bluetooth.

Space & practicality

Mengenai luas ruang kabin, Great New Xenia sama saja dengan Daihatsu Xenia generasi kedua yang meluncur tahun 2011 lalu. Sepanjang sejarahnya, mobil ini juga pernah mendapat penyempurnaan di tahun 2013 berupa penambahan materi busa tempat duduk yang lebih tebal.Mobil ini memiliki kapasitas 7 penumpang dengan kursi baris kedua yang dapat diatur posisi sandarannya, juga dapat digeser maju mundur layaknya Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

Pada versi terbarunya ini, Daihatsu menyempurnakan fungsi kursi baris ketiganya yang kini mampu dilipat secara terpisah. Jadi bila dibutuhkan untuk mengangkut barang dan orang sekaligus, kursi baris ketiganya dapat dilipat sebelah.Saat dilipat, kursi baris ketiganya ini terlipat menempel pada bagian belakang kursi baris keduannya sehingga memberikan lantai bagasi yang datar.

Bukaan pintu bagasi yang lebar, lantai yang cukup rendah, dan kapasitas bagasinya yang cukup besar saat kursi paling belakangnya dilipat, juga menambah faktor kepraktisan dari Great New Xenia.Hanya memang metode pelipatan kursi baris ketiganya ini, dan daun pintu bagasinya yang melayang tinggi ke atas, akan cukup membuat repot apabila ini dilakukan oleh seorang wanita.

Fuel Consumption

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teknologi Dual VVT-i pada mesin barunya juga dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar Great New Xenia. Menggunakan teknologi katup variabel ganda yang dipadu teknologi drive-by-wire, kini sistem buka tutup katup dan ECU secara terus-menerus akan menyesuaikan putaran mesin, asupan udara, dan lain sebagainya dengan pijakan pada pedal gas.

Hasilnya, di dalam kota Great New Xenia 1,3 R Sporty MT dapat menghasilkan catatan konsumsi bahan bakar 14,8 kpl. Sementara itu di jalan bebas hambatan mobil ini sanggup menempuh 17,3 km untuk setiap liter bensin yang dikonsumsinya.Catatan ini tentu saja cukup baik untuk mobil bermesin 1,3 liter yang memiliki bobot sekitar 1.130 kg. Namun perlu diingat, tidak ada catatan konsumsi bahan bakar yang pasti dari setiap mobil karena konsumsi BBM dipengaruhi oleh cara mengemudi dan kondisi jalan serta lalu lintas yang dihadapi. Baca Juga Untuk Info Lengkap Kredit Daihatsu Xenia Bandung

Buying & Owning

Dijual dengan harga Rp 200.600.000, Daihatsu Great New Xenia memang telah naik satu kasta dibanding pendahulunya. Ini karena sekarang Daihatsu punya Sigra yang telah menggantikan posisi Xenia sebelumnya.Meski telah melebihi harga Rp 200 juta, namun value for money mobil ini pun terbilang cukup baik. Mengingat biaya kepemilikannya yang sudah terkenal tidak terlalu mahal dan ketangguhan mesinnya yang diakui banyak konsumennya hingga kini.Belum lagi menghitung depresiasi harga mobil ini yang cenderung relatif stabil hingga waktu yang lama. Harga jual kembalinya yang tidak terlalu jatuh ini pun menjadi salah satu alasan mengapa Great New Xenia cukup diminati oleh konsumen Indonesia sampai saat ini.

Hubung kami,
Kontak Sales Daihatsu Bandung :

ERIS SURYANATA
0821 2772 5181
081 910 561 404
Pin: 56CBF1DF
email : eris[at]bandung-daihatsu.com

YULIA
081 2211 20026
085 8612 34626
Pin: 5D5890AD
email: yulia[at]bandung-daihatsu.com

Dilihat: 451