Tes Daihatsu Ayala Tipe X M/T

Daihatsu Ayla XSetelah sebelumnya melahap Ayla tipe M A/T, kali ini tipe standar tertinggi dengan transmisi manual menjadi menu, yakni Ayla tipe X M/T.

Dari luar, tampak muka Ayla X ini memang mendapatkan sentuhan mewah dengan chrome di beberapa ornamen  eksterior seperti Foglamp, air dam, dan bodi samping. Tampilannya memang terkesan sederhana dengan garis-garis yang tak terlalu tegas. Nampaknya Daihatsu ingin menjaga Ayla X sebagai varian yang ‘cukup mewah' karena mereka masih memiliki varian tertinggi yakni Ayla X Elegant sebagai varian dress up termewah. Meski demikian, tampilannya lebih cantik dengan spoiler atap lengkap dengan High Mounted Stop Lamp (HMSL). Talang air pun sudah menjadi fitur standar di tipe ini.

Daihatsu Ayla X Daihatsu Ayla X

Saat di dalam, tak disangka ternyata Ayla menawarkan kabin yang cukup lapang di bangku depan dan belakang. Visibilitas pun bagus untuk tester kami yang berpostur tinggi badan 175 cm. Pengaturan spion sudah dapat dilakukan dari dalam via tombol pengatur spion elektriknya. Perangkat sonar pun sudah tersedia untuk memandu pengemudi saat akan parkir mundur.

Kabin pun cukup nyaman dengan alunan lagu dari head unit double din yang terintegrasi di dasbor. Penunjuk RPM dan ECO Indicator pun telah tersedia di panel instrumen yang lengkap dengan Multi Information Display (MID). Meski MID nya hanya memberikan catatan konsumsi BBM rata-rata, namun kami rasa itu cukup meng­ingat harga mobil ini masih di bawah Rp 100 juta. Sebagai mobil yang tercipta untuk digunakan di lingkungan perkotaan yang padat.

Ayla memang menawarkan kelincahan. Bodi mungilnya dengan lebar hanya 1,6 meter memberikan kami ruang untuk meliuk-liuk di kepadatan jalan. Handling-nya pun cukup bagus untuk bermanuver di kecepatan rendah. Ban dengan pelek alloy 14 inch menawarkan pengendalian yang lebih sempurna ketimbang Ayla seri M.

Figur konsumsi BBM nya pun cukup menjanjikan dengan konsumsi dalam kota 14,9 km/L. Pun dengan konsumsi saat melaju di rute tol yang tercatat di MID sebanyak 21,3 km/l. Dengan pencatatan tersebut, Ayla berarti telah memenuhi salah satu syarat mobil LCGC yakni konsumsi BBM harus bisa mencatat 20 km/L.

Sebagai menu test drive tentunya kami mengetes akselerasi Ayla. Tak dinyana, Vericom kami mencatat angka 13,68 detik untuk 0-100 km-nya. Nampaknya karakter 3-silinder yang memang mampu menyodorkan tenaga besar di putaran rendah berkontribusi dalam akselerasinya.

Daihatsu Ayla X Daihatsu Ayla X Daihatsu Ayla X Daihatsu Ayla X

Sebagai menu tambahan, kamipun mengetes kecepatan maksimalnya. Sepertinya mesin 1.000 cc injeksi konvensionalnya mampu melajukan Ayla hingga kecepatan lebih dari 135 km/jam, namun getaran yang terasa di setir menandakan ban dan kaki-kaki, dan bodinya sudah tak mampu lagi mengkonversi tenaga dengan sempurna ke atas roda membuat kami urung melanjutkannya.

Tentunya sebagai mobil dengan harga jual 100 jutaan, kami tak mengharapkan banyaknya kemewahan dan nikmatnya handling ala sportscar. Tapi Ayla memberikan cukup kemewahan, dan mobil yang cukup nikmat untuk melintas di dalam kota.

- Daihatsu Bandung

Hits: 2477