Lompat ke konten
Home » Artikel » Mobil Listrik Kloningan Daihatsu Ini Siap Masuk Pasar Indonesia

Mobil Listrik Kloningan Daihatsu Ini Siap Masuk Pasar Indonesia

Memasuki tahun 2023, membeli mobil listrik menjadi prospek yang menarik. Selain lebih ramah lingkungan, pemerintah dikabarkan akan memberikan insentif sebesar Rp 80 juta untuk Electric Vehicle (EV) murni.

Deretan mobil yang tersediapun cukup banyak. Ada Wuling Air ev yang dilego di bawah Rp 300 jutaan, lalu DFSK Gelora E sebagai EV niaga serta Hyundai Ioniq 5 yang serba canggih dan premium.

Khusus segmen mobil listrik mungil, saat ini baru Wuling yang memasarkan produknya. Kemudian DFSK dikabarkan juga tertarik untuk meluncurkan Mini EV di tanah air, meski belum mempunyai tanggal debut.

Merek baru

Baik Wuling Air ev dan DFSK Mini EV kemungkinan besar akan bersaing lebih ketat lagi kedepannya.

Melansir paultan.org, Jumat (30/12/2022), pasalnya EP Manufacturing Berhad (EPMB) yang berasal dari Malaysia, baru-baru ini menerima hak ekslusif dalam merakit dan mendistribusi kendaraan listrik merek Lingbox di pasar Malaysia dan Indonesia.

Lebih tepatnya pada tanggal 27 December 2022 kemarin, EP 4Wheeler (anak perusahaan dari EPMB) mendatangani perjanjian distribusi eksklusif dengan Hubei Dongfeng Power Auto Trade dan Xiamen Tsingyan Hylong Motor Technology.

Perjanjian tersebut mencakup perakitan dan penjualan mobil Lingbox versi setir kanan. Mobil ini akan dijajakan dengan merek Lingbox atau Qingyan Hallong.

Lingbox mini EV

Salah satu mobil yang digadang-gadang akan dipasarkan terlebih dahulu adalah Lingbox mini EV atau Lingbox BOX Cai Wenji untuk pasar Tiongkok.

Mobil mungil serba imut ini memiliki tampilan familiar. Lebih tepatnya Lingbox mini EV mempunyai banyak kemiripan desain dengan kei car Daihatsu Cast Style yang masih dijual di Jepang.

Beberapa kesamaan bentuk terlihat pada desain lampu depan membulat, letak garis fender roda, hingga bentuk atap yang serupa. Yang berbeda sebatas bumper depan, desain pelek dan absennya grill depan.

Interior imut

Meski memiliki banyak kesamaan eksterior dengan salah satu kei car Daihatsu, Lingbox mini EV mempunyai bentuk interior berbeda.

Berdasarkan berbagai foto edaran dari situs carnewschina.com, interior mobil ini cenderung imut dan penuh warna. Ada tiga campuran warna pada kabin mobil ini, tergantung dari model yang dipinang.

Detail lainnya mencakup speedometer digital, head unit berukuran 10.1 inci, panel AC analog, kursi dengan campuran warna menarik dan hanya tersedia dengan airbag untuk sisi penumpang.

Performa

Lingbox mini EV dibenamkan motor listrik dengan daya 48 hp dan torsi 125 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) dan kecepatan maksimal mobil ini dibatasi pada angka 101 km/jam.

Mini EV mengandalkan baterai Lithium iron phosphate dengan kapasitas 19.2 kWh. Mobil ini diklaim bisa menjelajah sejauh 220 km dalam sekali pengecasan dan bisa diisi ulang dari 20% ke 80% dalam waktu 1.2 jam, melalui fast charging.

Dai Soetta
Dai Cibeureum