Lompat ke konten
Home » Berita » Xenia Catat Penjualan Tertinggi Daihatsu

Xenia Catat Penjualan Tertinggi Daihatsu

xenia-catat-penjualan-tertinggi-daihatsu

Sahabat Daihatsu Bandung, datangnya All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia menjadi hal yang paling dinanti oleh pecinta otomotif di Indonesia pada akhir tahun 2021. Sesudah produknya diperkenalkan, lalu mencoba langsung LMPV ini merupakan hal yang haru dicoba. Hal ini tentu dipahami betul oleh pihak Daihatsu.

Di ujung penutupan tahun 2021, penjualan otomotif nasional mengalami perbaikan yyang cukup baik. Sampai November 2021, total pencapaian market nasional untuk retail sales mencapai sekitar 761 ribu unit, disisi lalin di wholesales sekitar 790 ribu unit. Hasil yang positif ini juga tak lepas dari dukungan pemerintah melalui relaksasi pajak (PPnBM) hingga Desember 2021. Begitu juga dengan penjualan Daihatsu, yang tentunya juga mengalami peningkatan.

xenia-catat-penjualan-tertinggi-daihatsu-5

xenia-catat-penjualan-tertinggi-daihatsu

Hitungan per bulan, penjualan Daihatsu pada November Tahun 2021 juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 14.861 unit, yang juga merupakan penjualan bulanan tertinggi sepanjang tahun. Adapun 3 besar penjualan teratas yaitu Daihatsu Sigra sebanyak 3.827 unit atau berkontribusi 25,8%, disusul Daihatsu Gran Max Pick Up sebanyak 3.590 unit (24,2%), dan Daihatsu Ayla sebanyak 1.917 unit (12,9%). Khusus bulan November, baik All New Xenia, maupun Xenia model sebelumnya, secara total telah terjual sebanyak 1.555 unit, atau naik 199% dibandingkan rata-rata penjualan bulanan tahun lalu.

Baca Juga : Harga Xenia Daihatsu Bandung 2022

Dari yang sudah diketahui sebelumnya, hingga November 2021, total market nasional mengalami kenaikan signifikan dibanding tahun sebelumnya. Dengan catatan retail sales mencapai sekitar 761 ribu unit, dan wholesales sekitar 790
ribu unit. Selain pasar otomotif nasional, penjualan Daihatsu juga mengalami peningkatan dengan catatan volume retail sales Daihatsu sebanyak 132.950 unit dengan market share 17,5%, serta whole sales sebanyak 149.113 unit dengan market share sebesar 18,9%.

Alami Kenaikan
Sebagai salah satu penyumbang persentase terbesar Daihatsu, penjualan Daihatsu Grand New Xenia ( old model) berhasil terjual sebanyak 1.087 unit (70%), sementara untuk All New Xenia sebanyak 468 unit (30%). “Kami bersyukur, melihat capaian Xenia yang terjual 2 kali lipat dari rata-rata per-bulannya, membuktikan bahwa Xenia terus mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, baik untuk All New Xenia, maupun Xenia model sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Varian 1.3 Paling Laris
Untuk Daihatsu All New Xenia pada November 2021, Daihatsu mencatatkan pilihan mesin yang paling banyak dipesan oleh pelanggan memiliki komposisi 1.3L sebesar 73%, dan 1.5L sejumlah 27%. Bila kita lihat dari angka wholesales, Varian mesin 1.3 L terjual sebanyak 2.026 unit, sedangkan Varian 1.5 L terjual sebanyak 609 unit. Dalam hal varian, terdapat top 3 varian yang paling diminati pelanggan secara berturut-turut adalah 1.3 R M/T sebesar 33%, disusul oleh varian 1.3 R CVT sebesar 25%, dan 1.5 R CVT sebesar 13% jika kita lihat dari data retail
sales pada gambar di atas. Sayangnya data tersebut tidak menjelaskan berapakah presentase varian ADS yang terjual.

Sedangkan untuk pilihan warna, tercatat top 5 warna All New Xenia yang dipilih pelanggan mulai dari Purplish Silver sebanyak 46%, disusul Rock Grey Metallic (13%), Black Metallic (12%), White (11%), dan Greenish Gun Metal (9%). Hal ini membuktikan bahwa masyarakat kita cenderung menyukai warna monokrom ketimbang warna-warna candy-tone. Kecuali warna Greenish gun metal, warna hijau keabu-abuan (atau abu-abu kehijauan?) ini merupakan warna baru yang mungkin dirasa unik dan menarik dimata konsumen. Sayangnya untuk warna lainnya seperti sliver
metallic dan compagno red tidak disebutkan berapa persentasenya.

Media Test Drive All New Xenia Surabaya – Batu : Buktikan Kenyamanan Oleh karenanya, Pihak Daihatsu mengundang sejumlah media otomotif di Jawa Timur untuk mencoba langsung sensasi berkendara dari All New Daihatsu Xenia dengan rute Surabaya – Batu via tol.

Baca Juga : Paket Kredit Xenia Daihatsu Bandung 2022

Jadi, Daihatsu Wilayah Jawa Timur mengajak awak media untuk bersama – sama menjajal kenyamanan berkendara Daihatsu All New Xenia bermesin 1.3L dan 1.5L yang berlangsung pada tanggal 16 Desember 2021 silam. Nah, kali ini rute yang diambil dimulai dari Dealer Astra Daihatsu Surabaya – Waru menuju kota Batu Via Tol (Gate Waru – Exit Tol Singosari Malang) lalu berlanjut ke daerah Karang Lo – Karang Ploso – Jatimpark 3 – Pasar Batu & Museum Angkut dan Finish di Amarta Hills Hotel & Resort Batu. “Melalui kesempatan test drive ini, Daihatsu All New Xenia telah terbukti nyaman, dan memiliki performa yang handal. Daihatsu berharap, All New Xenia dapat diterima oleh para keluarga di Indonesia khususnya Jawa Timur, sesuai tagline-nya, Xenia Sahabat Keluarga, dan menjadi
suksesor sebagai kendaraan Low MPV pilihan utama yang berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia,” ujar Tunjung Pramusinto, Regional Head Jawa Timur-Bali PT. Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Libas Rute Tol Surabaya – Malang
Selama perjalanan yang menempuh kurang lebih 96,4 Kilometer, rombongan media melahap rute yang didominasi trek lurus. Kondisi ini tentunya mampu membuat penumpang di dalamnya tetap nyaman, apalagi generasi terbaru dari ‘Mobil Sejuta Umat’ ini kini memiliki kabin dan bagasi yang lebih luas dari pendahulunya. Kehadiran sofa mode tentunya juga bisa menambah kenyamanan penumpang, selama jumlah penumpang dan bagasi masih memungkinkan. All New Daihatsu Xenia juga dibekali dengan teknologi ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag yang tentunya akan berguna saat digunakan di perjalanan kali ini. Ground clearance setinggi 205 mm, serta radius putar sejauh 4,9 meter tentunya makin memudahkan pengguna ketika melintasi jalanan berlubang, dan melakukan manuver putar-balik kendaraan. Apalagi kita tahu jalanan di daerah Batu Malang kebanyakan tidak terlalu besar.

Sumber : Autonetmagz.com

Dai Soetta
Dai Cibeureum